Praktikum Berdarah-Darah

Senin, 25 Agustus 2008
Seminggu lagi Ramadhan!!! Apa saja yang sudah kupersiapkan yach?? Aku list dulu dech di binder-ku!! Binder yang selalu kubawa ke mana pun berdampingan dengan Al-Quran di dalam tasku dan di dalamnya ada setengah dari hidupku, yang hanya aku yang mengerti bagaimana cara membacanya. Kuberitahu sedikit rahasianya,,, sisi depan dan belakang binderku berbeda, jadi kalau baca bolak-balik gakan nyambung!

Hari ini Diet masih belum masuk,,, aku jadi sebangku dengan Phi selama beberapa hari ini. Selama gak ada Diet, kami berdua jadi rada ‘kurang waras’... Tapi karena kami inget dia, kami langsung jadi ‘nyadar diri’. Jadi senyum sendiri, si ‘anak normal’ itu dikelilingi orang ‘aneh’ seperti aku dan Phi.

Gak tau kenapa, Allah sudah menjodohkanku untuk berkawan dengan makhluk bernama Phi ini kayaknya mah. Asli, awalnya kuanggap dia saingan ‘elite’. Dari kelas X kami sekelompok terus dalam mentoring, hafalan qurannya paling banyak di antara kami. Dia selalu punya materi yang menarik saat kultum,,, tapi aku gak pernah akrab sama dia meskipun sekelompok mentoring, bahkan namanya pun sering lupa (pernah waktu kelas X dulu aku disuruh manggil dia, eh aku malah nanya, “Tolong panggilin Fitri donk!” ke dia sendiri). Orangnya jarang bicara,,, pokoknya aku segan sekali padanya.

Kelas XI, aku ternyata sekelas dengannya... Kesel, dia malah duduk sebangku dengan teman yang udah janjian duduk denganku. Aku gak ngajak kenalan dengannya pas hari pertama di kelas karena pundung. Aku pun berkenalan dengan Diet yang ternyata sama2 orang Palembang. Kami cerita banyak tentang keluarga. Diet yang udah kenalan dengan Phi, ngajak Phi dan aku berkenalan. Setelah saling berjabat tangan, kami berdua salting dan berkata, “Bukannya kita satu kelompok mentoring ya?!” Bisa dibilang, kami tuh dekat di mata, jauh di hati...

Lalu pada suatu hari, dia dan Diet sedang ngobrolin anime Naruto. Aku yang sedang lewat dekat bangku mereka (entah kenapa, mereka jadi sebangku) ikutan nimbrung. “Kalian suka anime juga?” Eh, ternyata mereka lumayan suka anime dan kayaknya emang baru berminat pada anime. Akhirnya, si ‘aku’ yang cerewet dan lumayan tau banyak tentang anime gara2 dulu suka bareng2 sama anak2 cosplay “S.E.E.D.” di SMP dan kebawa jadi suka banget anime dan cinta sama yang namanya ‘Kakashi’ ini langsung nyerocos nyerita macem2 tentang Naruto. Mereka berdua yang awalnya cuma tau nama tokoh aja di Naruto, jadi makin tertarik untuk mendalaminya...

Beberapa bulan kemudian,,, aku promosiin Bleach ke mereka (sebelum ada di TV lho, jadi mereka emang baru tau) dan mereka jadi tertarik... Kami jadi makin sering ngomongin anime macem2... Beli merchandise-nya,,, tapi mereka suka pergi berdua, dan aku dikasih gantungan Kakashi, tokoh favoritku, ama mereka...

Beberapa bulan kemudian,,, aku nawarin lagi anime ke mereka: D.N.Angel. Mereka juga jadi lumayan suka... Dipikir-pikir,,, aku teh asa jadi sales anime ya?!

Tapi gak juga denk! Karena kali berikutnya Phi yang nanyain, “Tau ‘Death Note’ gak?” Eh, ternyata dia suka juga!! Jadi weh kami ngomongin Death Note,,, Aku suka tokoh L, sementara Phi suka Kira yang merupakan musuh L,,, jadi kami saingan lagi.... Sedangkan Diet gak mau ambil pusing dan jadi milih keduanya.

Aku suka sama soundtrack2 anime,,, eh, ternyata Phi juga suka nyanyi. Alhasil kami jadi suka berburu lagu2 Japan kesukaan kami beserta teksnya masing2,,, soalnya kadang selera kami beda... Phi ternyata suka sama lagu rock yang ‘metal’ abis...

Tiap Minggu malam, jam 7-9, aku rutin ngedengerin Garuda FM, di mana acaranya yaitu tembang2 anime... Aku promosiin lagi ke mereka, tapi Phi jarang ngedengerin,,, Diet yang sering... Suatu hari, ada pengumuman acara J-Fest. Aku promosiin lagi ke mereka. Dua2nya tertarik,,, tapi Phi yang bener2 pengen ikut, Diet gak diizinin ortunya, sementara aku yang tau duluan malah belum izin sama sekali. Jadinya pas Phi minta dianterin beli tiket, aku-nya mah belum beli.

Terus aku ngajakin sobatku Lexy yang ‘Japanese’ banget. Kami suka saling tuker informasi tentang Naruto, Bleach, D.N.Angel, Death Note, dll. Dia pinter B.Jepang, terus koleksi film anime-nya lengkap. Pas aku ajakin ke J-Fest, dia langsung meng-iya-kan.

Alhasil, kami pun pergi bertiga ke J-Fest. Tapi geuleuh, aku sering dicuekin mereka berdua. Lexy sibuk memfoto macem2,,, sementara Phi keasyikan ngobrol dan smsan juga teteleponan dengan ‘Tupai Lebai’-nya....

Di mentoring, kalau pas lagi sharing2, aku sering banget nyerita tentang FAS, tentang kawan2ku di FAS, tentang kawan2ku para akhwat yang suka ngumpul bareng di masjid pulang sekolah waktu SMP. Eh, gak taunya, ternyata Phi punya kenalan di FAS, yaitu ketua FAS sendiri, Yusal. Ckckck,,, dunia sempit ya, kalau dilihat dari sudut pandang seperti ini.

Yah,,, awalnya dari anime... itulah yang membuat kami kompak. Akhirnya aku jadi tau, Phi itu sifatnya rada2 mirip aku, meskipun aku gak mau disama-samain dengannya. Diet sering bilang kalau kami ‘kembaran’, tapi suka kami sangkal. Aku baru tahu, kalau ternyata kami berdua sama2 suka ‘bertualang’ dan sama2 histeris,,, padahal aku kira dia ‘kalem’ banget. Tapi aku jadi mengerti satu hal,,, kita harus bisa memahami orang lain jangan hanya dari ‘pandangan pertama’ (sebelumnya aku pernah nulis hal ini kan,,) Ternyata justru hal yang bikin kami bersahabat adalah: kesamaan2 yang tak terduga,,, sehingga kami saling berusaha menjadi yang terbaik dari yang lainnya (biar gak disama-samain maksudnya mah).

Di kelas XII ini, kami sekelas lagi karena kelas XI gak dipecah lagi, gara2 Phi dan aku jadi akrab, malah Diet sering terlupakan. Kami suka ngobrolin macem2, mulai dari anime, pelajaran, keluarga, almamater, masa kecil, kebiasaan ‘aneh’, tapi aku paling suka kalau kami udah ngobrolin masalah Islam. Phi yang almamaternya MTs Zakaria, dan aku yang hidup dalam keluarga yang ‘Islami’ banget sering bertukar pendapat. Sementara Diet yang gak pernah punya pengalaman di organisasi ke-Islaman ngngguk2 ngedengerin... tapi kalau kami udah ngomongin yang aneh2,,, dan mulai ‘menggila’, Diet selalu ngingetin kami. Fiuhhh,,, Diet, kami jadi kangen,,,

Balik lagi deh ke tanggal 25 September 2008,,,

Hari ini ada ulangan PKn,,, aku gak belajar terlalu banyak,,, aku cuman belajar dari catatanku karena belum beli buku paket. Tapi alhamdulillah, aku sebangku dengan Phi yang otaknya encer,,, sebelum bel, kami sharing2an dulu,,, aku jadi merasa bodoh kalau dia lagi kayak gitu... Tapi gapapa, karena si ‘bodoh’ ini ingin pintar! Alhamdulillah pas ulangan, ternyata hal2 yang tadi kami diskusikan banyak yang keluar.

Selesai ulangan PKn, kami ulangan PAI (Pendidikan Agama Islam). Kami ulangan tentang tajwid, dan langsung periksa saat itu juga. Alhamdulillah aku dapat 100! Sedangkan Phi dapat 97, hanya salah satu! Dia manyun2 terus ke aku,,, ngiri tuh...

Habis itu, ada praktikum biologi bab metabolisme tentang enzim katalase. Kami praktek dengan ati ayam. Hikk,, geli ngeliatnya, ati ayamnya ‘berdarah-darah’,,, Phi terus2an ngetawain, dan dia ngebanggain kalau suatu saat insya Allah dia akan berhubungan terus dengan ‘hal2’ semacam itu, karena dia ingin jadi dokter. Tapi da gimana,,, aku penasaran banget soal praktikum ini,, kuanggap ati ayam yang sedang kuhaluskan itu adalah bubur tanah yang suka aku mainin pas SD dulu,,, tapi gak bisa! Jadinya kuanggap aku sangat menyukai hal2 ‘berbau’ darah!

Di akhir praktikum, kami kangen lagi sama Diet,,, soalnya biasanya dia suka cerewet soal kami yang suka berbuat ‘aneh’ dalam praktikum...

Posted by Ra_Bgtz @ Selasa, 16 September 2008 0 comments

Share This Post

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Next Post Previous Post
Stroom designed by ZENVERSE Converted to Blogger Templates and Blogger Themes for Cinta | Discount Watch