7 Pesan Moral dari Japan Festival Revolution 08

Sabtu, 02 Agustus 2008
Sabtu!!! Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu ini tiba juga!!!

Aku tak sabar ingin cepat-cepat dateng ke JFR nih!! Aku, Phi dan Lexy rencananya mau janjian di depan UNLA jam 8 pagi,, Soalnya kemaren Phi ngesms K'Agan, nanyain JFR mulainya jam berapa, dan K'Agan jawab, jam 9an juga dah rame. Ya udah, karena lama perjalanan dari rumah kami ke Dago Tea House sekitar satu jam, kami merencanakan untuk berangkat pukul 8 pagi. Tapi dasar,,, ada aja halangan untuk datang on time,,, aku malah keasyikan masak di dapur dan baru beres jam 8, kemudian aku menuju UNLA sambil berlari-lari dan nyampe di sana jam setengah 9. Tentu aja,,, Phi yang datangnya kepagian (Phi udah nyampe situ sejak jam setengah 8,,, semangat banget ya?!) dan juga Lexy sudah berdiri di deket tempat angkot ngetem. Terus pas aku nyampe sambil ngos-ngosan dan minta maaf karena telat, kami langsung aja naik angkot Kalapa-Dago yang dari tadi udah ngetem di depan kami.

Di dalam angkot, kami ngobrol-ngobrol,, ngaler-ngidul,, ada anime, film L Change the World yang baru Lexy beli, tetralogi Laskar Pelangi, pengalaman pribadi, dll. Pas angkot udah nyampe di deket Tubagus Ismail, ada serombongan anak yang kira2 usia SMP naik angkot yang kami tumpangi. Penampilan mereka rada2 'aneh',,, kayaknya mau ke JFR juga nih,,, Kemudian,,, di daerah Dago atas,, pemuda yang dari tadi duduk deket supir pun turun. Dia membayar ongkos dengan menyodorkan secarik uang kertas bernilai 50.000 rupiah,, tapi sayangnya uang udah keren-keren gitu gak ada kembalian... (hihi,,, ya iya lah, pagi2 gini kan sopir angkotnya juga baru jalan,, jadi blum punya kembalian!) Akhirnya, pemuda itu membalikkan pandangannya ke arah penumpang yang duduk di belakang dengan pasang muka rada 'watir'. Dia nanyain ke penumpang, termasuk kami bertiga yang masih ngajentul di angkot, apa punya uang receh (meskipun wajahnya asa gak yakin),, maksudnya mah mau nuker…aku dan yang laennya ngodok-ngodok saku atau dompet tapi ternyata gak ada. Namun setelah Phi meraba-raba tas hitam gendong favoritnya, dia menemukan dompet kecil yang maerupakan dompet yang berisi uang titipan DKM (dia kan bendahara kaderisasi,,, tentu aja duitnya banyak dan juga recehan... Dengan senang hati, dia menukarkan uang DKM 'penyelamat' ini dengan uang 50.000an itu. Tapi sayangnya, Phi orangnya rada riweuh dan kurang mahir dalam menukarkan uang receh dan menghitungnya satu2,,, Akhirnya dia dibantu oleh aku dan Lexy untuk menghitung uang tersebut... (malu ih, soalnya uangnya banyak yang seribuannya) Untungnya pemuda itu berbaik hati, dia terima uang se'gepok' yang berantakan itu dari Phi,, (padahal dia belum ngitung lho, apa jumlahnya udah bener 50.000 atau belum,,,)

Kami pun sampai di daerah Dago Tea House!! Tapi,,, untuk menuju ke Taman Budaya,,, kami harus masuk lagi ke dalemnya. Jauuuhhhh banget! Jadi inget waktu SUDONG dulu,,, (SUDONG= Sulap jeung Dongeng, pertunjukan sulap dan dongeng Sunda, waktu kelas X kami disuruh nonton acara itu di Taman Budaya) Kami bertiga dan rombongan anak SMP itu ngambil jalur yang beda,,, kami ngambil jalur naik sesuai hati nurani kami,,, (alah!) mereka mah ngambil jalur yang lebih landai (sebenarnya lebih jauh lho! Kayaknya mereka gak tau ya!!). Meskipun lumayan jauh,,, pagi2 di sini tuh nyaman banget... Udaranya sejuk banget (gak kayak di pusat kota yang udah membusuk terkena polusi!), pas banget buat dijadiin tempat peristirahatan keluarga kalau udah pensiun gitu... Di sepanjang perjalanan (asa bertualang gitu deh!!) menuju Taman Budaya, kami bertiga jalan santai sambil ngobrol-ngobrol,,, ngomongin masa depan,,, Aku membentangkan kedua tangan dan menghirup udara dalam2,,, subhanallah,,, akhirnya bisa kurasakan lagi rasanya udara sejuk di Bandung,,, Sambil membentangkan tangan saat itu, kuteriakkan dalam hati (malu dong,, kalau teriaknya keras2!), "JFR,, sambutlah aku!!! DUNIA,,, ini aku,,, HERA!!! Sambutlah aku,,,, akan kumulai petualangan masa depanku saat ini juga!!! Akan kubuktikan,,, orang udik ini bisa menjadi orang penting bagi dunia!!!" Gak tau kenapa, kata2 itu langsung terucap keras dalam hatiku saat itu, saat udara sejuk sedang kuhirup dalam2, saat angin semilir berpusar sejenak seakan menyambut kata2ku, saat aku ikut berputar dalam pusaran itu, saat dedaunan melambai indah padaku, saat sisa embun menetes dari dedaunan itu ke pipiku... subhanallah... (Sementara itu, kedua temanku masih mengobrol berdua,, entah memperhatikanku atau tidak,,, yang jelas, orang yang tak begitu mengerti tentang perasaanku saat itu pasti akan menganggapku sebagai orang gila yang membuntuti dua orang waras yang sedang mengobrol di depannya,,, heheh...)

Akhirnya yang dituju sampai juga,,, Wah,,, dekoran acaranya juga dari luar udah keliatan bagus,,, apalagi di dalamnya kali ya,,, Tapi sayangnya, ketika kami hendak masuk ke gerbang itu, ada mbak panitia yang nahan pengunjung yang udah mulai berdatangan,, bukan gara-gara nyelonong masuk tanpa tiket,, tapi... karena "ACARANYA BELUM DIMULAI!!!" Dengan perasaan setengah kecewa, kami nongkrong dulu sebentar di trotoar deket pos tiket... Padahal jam sudah menunjukkan pukul 09.30 WIB... Lalu, kami bertiga nanya ke mbak yang tadi, kapan kira-kira acaranya dimulai, mbak itu menjawab dengan nada yang pasti, "Kira-kira jam 10an juga udah mulai kok!"
Terus kami juga nanya lagi soal K'Agan sang ketua panitia acara ini,, apakah dia udah ada di sini... (Phi kangen tuh,,,)
Mbak itu pun dengan herannya menjawab, "Agan?! Di sini gak ada yang namanya Agan..."
Kami bertiga saling berpandangan,,, ya iya lah gak ada,,, wong nama aslinya 'Ganjar'! 'Agan' kan panggilan 'sayang'nya,,, kayaknya mbak ini gak tau nama panggilan K'Agan!! "Eh,,, namanya Ganjar, Mbak!!" sambung kami.
"Oh, Ganjar? Iya, iya, dia ketua panitianya, tadi dia udah nyampe ke sini tapi udah gitu keluar lagi..." kata mbak itu akhirnya.
"Oh, gitu ya? Ya udah Mbak, makasih ya!"
"Iya sama-sama."

Wah,,, masih harus nunggu setengah jam lagi nih,,, Aku, Phi, dan Lexy akhirnya berpindah tempat 'tongkrongan sementara' ke lapangan kecil dekat taman budaya, tempat anak-anak pramuka siaga berlatih keterampilan tongkat. Di sana ceritanya kami bertiga lagi kurang kerjaan... Sambil ngeliatin anak-anak yang lalucu itu, Phi malah iseng sms ke K'Agan, nanyain lagi di mana dan lagi ngapain? (asa iklan,,, tapi di iklan jawabannya: di rumah, tidur, sendiri) Terus aku yang tadinya iseng jalan2 di undakan tembok yang ngelilingin lapangan itu ikut nimbrung, minta Phi pangnanyain hadiah tiket yang SP Hepi tea untukku dan Lexy yang beli tiketnya agak belakangan dari K'Agan dan lupa kami tanyain waktu itu,,, Lumayan lama juga kami tunggu balasan dari Ka Agan,, akhirnya nada sms hape Phi (lagu 'Tsukurimashiyo') berbunyi tanda ada yang ngirim or ngebales sms,,, Balesan dari K'Agan! Dia bales, "Aa lagi ada di luar Tea House,, Vivit minta aja ke Mbaknya kalau vie udah beli tiket 2 dari Ganjar,,,terus belum dapat SP Hepinya..." (tuh kan,,, si mbak yang tadi kenalnya nama 'Ganjar'!) Ya udah aku nerusin lompat2 di undakan,,, udah gitu ikutan nimbrung sama temanku berdua yang sedang ngobrol,,, rencananya SP Hepi mau kami coba tanyain ke mbaknya kalau acaranya udah dimulai, kira2 jam 10an... biar sekalian...

Jam 10 pun tiba!! Aku, Phi dan Lexy buru-buru meninggalkan tempat itu menuju ke gerbang Dago Tea House,, tapi ternyata ketika kami sudah ke sana lagi untuk yang ke-2 kalinya,,, acaranya tetap saja belum dimulai,,, padahal matahari udah mulai terik nih... Kami pun bertanya soal yang SP Hepi,,, eh, ternyata mbaknya udah nyiapin dua buah starter pack Hepi!! Berarti K'Agan udah calling2an ama mbak ini... hehe... ngerepotin aja yah, kami ini!! Tapi karena acara belum dimulai juga,,, dengan berat hati kami nongkrong lagi, tapi kali ini kami nongkrongnya di kursi tukang dagang depan Taman Budaya. Hehe... tau gak? Kan jalan depan gerbang Taman Budaya itu 'mudun' alias menurun banget,,, kami duduknya jadi miring2 gitu deh,,, apalagi Phi,,, kursi yang dia duduki ternyata salah satu kakinya gak 'beres',, kaki kursi di ujung kanannya rada 'nilep' gitu,,, urutan duduknya juga (dari yang posisinya lebih atas): Lexy, terus aku, terakhir Phi! Jadi kalau misalnya kita bertiga jatuh ampe ngagorolong, yang paling menderita pasti Phi!!! Haha,,, sudah ngagorolong tertimpa Hera dan Lexy!!

Di samping kami duduk seorang pemuda yang cantik (alah,,,) ditemani keluarganya,,, Kalau dia gak pake baju yang 'cowok banget', kami pasti ngira dia itu cewek, mana rambutnya panjang pula. Wajahnya juga unik (meskipun lumayan cakep sih,,,), gak kayak wajah orang Indonesia gitu, keluarganya juga wajahnya macem2... Orang itu juga keliatannya pendiam, tapi matanya kayak yang berharap banget gerbang itu cepet2 dibuka,,,

Setelah menunggu dengan keadaan yang kurang 'nyaman' ini akhirnya gerbang utama pun dibuka... tanda pengunjung boleh masuk ke dalam!!!

SUGOOIII!!! itu komentar dan kesan pertama kami saat melihat dekoran dan hiasan-hiasan ala Jepang di sekeliling Taman Budaya... jadi serasa beneran di Jepang!!! Mata kami langsung saja tertuju pada jajanan ala Jepang yang buka stand di pojok dekat gerbang keluar. Mmhhh,,, dasar pagi2 begini meskipun udah sarapan,,, ngeliat yang beginian malah bikin laper lagi nih,,, Dari jauh udah tercium wangi takoyaki dan lainnya yang masih baru diangkat... Pemuda yang tadi kan barengan sama kami,,, dari stand takoyaki terdengar ibunya (kayaknya,,) memanggil, "TOSHIII!!! SINIII!!! ADA TAKOYAKI KESUKAAN KAMU!!!"
Haah?! Toshi?! Suka Takoyaki?! Wah,,, berarti anak ini keturunan Indo-Jepang nih,,, namanya aja 'Jepang' gitu,,, pantes aja wajahnya juga unik. Dari kejauhan kami ngeliatin anak itu makan takoyaki dengan lahap,,, kayaknya dia lagi rindu kampung halaman tuh,,, dan melampiaskannya di JFR ini,,, perginya aja dengan keluarga besar gitu,,,

Jadi kabita,,, tapi dasar,,, kami malah duduk2 di halaman Taman Budaya sambil ngeliatin panitia yang lagi beberes di pintu masuk panggung tertutup Taman Budaya,,, Angin lagi semilir saat itu,,, menggoyangkan ikebana yang menghiasi gapura pintu masuk,,, Lexy si maniak foto pun tak melepaskan momen indah itu,,, (halah,,, alesan,,, sebenernya kami lagi mikir2 mau beli jajanan atau enggak,,, kami kan belum tahu harganya berapa,,, takutnya tidak cukup dengan budget yang ada,,, Maklumlah, bawa uangnya pas-pasan!!) Ngeliatin si Toshi makan dengan lahap gitu kita jadi kabita,,, apalagi beberapa orang dari rombongan anak SMP yang tadi ikut2an duduk2 di samping kami lagi ngangin2in takoyaki yang baru dia beli di depan temennya yang gak beli (ngabibita ceritanya mah,,)

Akhirnya kami pun mendekati 'Kedai Takoyaki' itu. Mbak-nya menyambut kami dengan ramah (mbak-nya bukan orang Jepang lho! Keliatan dari wajahnya dan kedengeran dari logatnya mah beliau2 ini orang Sunda!) Biasa,,, Lexy foto2 di situ sambil nanya2 jajanan yang tersedia di situ... (ceritanya kita wawancara mbaknya gitu,,,) Ternyata gak cuman ada Takoyaki (arti harfiah: tako=cumi2, yaki=daging; bentuknya bulet2 lucu,,, diisinya sama campuran macem2 gitu,,,) yang asin,,, ada juga Taiyaki (arti harfiah: tai=kakap, yaki=daging; bentuknya kayak ikan kakap gitu,,, isinya ada yang kacang merah,,, istilah Jepangnya aku lupa!! Ada juga yang diisi coklat,,,) yang manis2 gurih,,, terus ada juga Okonomiyaki (gak tau nih,, artinya apa,,, tau bentuknya ajah! Tapi keliatannya mah rasanya asin dan enak banget,,,) yang pernah aku liat di film Bleach,,, semuanya menggoda selera,,, Berhubung budget kami yang kecil,,, kami bertiga kompakan beli Taiyaki yang harganya cuman 5ribu rupiah per porsi, kami milih yang isi kacang merah. (Takoyaki harganya 15ribu dan Okonomiyaki harganya 25ribu,,, hiks,,,) Taiyaki-nya masih panas dan pintu masuk udah dibuka,,, jadi kami memutuskan masuk ke dalam,,, dan makan Taiyaki-nya nanti di dalam,,, he...

Kami bertiga pun akhirnya melangkah menuju pintu masuk,,, Sambik ngantri untuk pemeriksaan tiket dan barang2,,, kami memperhatikan pembuatan kanji di samping kami,,, Karcis kami disobek dan jari kami dicap,,, tapi dasar,,, tintanya habis (aduh,,, kok para panitia Trilogi pada kehabisan tinta ya?? Waktu itu juga sang manajernya yang kehabisan,,, Jadinya kami pake tinta seadanya,,, deuh,,, nasib.. nasib..) Tibalah giliran kami digeledah (takutnya kami bawa senjata tajam atau semacamnya dan bikin keributan di JFR ini,,,) oleh salah seorang dari tim keamanan yang badannya 'jangkung badag' dan tampangnya garang,,, tadinya kami rada segan juga,,, eh,,, ternyata orangnya ramah luar biasa,,, pas mau ngegeledah kami,, kayaknya dia rada segan,, soalnya kami bertiga berjilbab,,, masak dipegang-pegang?? Kemudian dia tersenyum dan berkata, "Maaf dek, dilarang bawa makanan ke dalam ruangan!" waktu melihat kami nenteng2 Taiyaki yang baru kami beli.
Kami bertiga terlihat kebingungan,,, gimana nih?? Tapi,,, "Ya udah, masukin aja ke dalam tas, ya! Tar makannya diem2 aja,,, jangan ampe keliatan panitia yang lain,,, bisi diusir,,, hehe..."
"Wah,,, makasih ya, Kak!!" sahut kami kompak dan sumringah luar biasa.

Tibalah kami di dalam panggung tertutup Taman Budaya!!! Di dalam ruangan itu, ternyata lomba kabaret cosplay sudah dimulai,, Wah,,, demen nih,,, aku lumayan suka dengan seni teater, kabaret dan sebagainya,,, tapi yang 'nyeni'nya banget,,, bukan sekadar pengen sok2 eksis kayak kabaret di sekolah,,, Meskipun di masyarakat terkesan bagus,,, tapi nilailah dari segi seni-nya, Bung! Tambah suka lagi karena ini lomba kabaret cosplay, jadi ceritanya niru2 dari anime gitu,,, Kostumnya bararagus lho!! Jadi serasa di 'negeri anime'!! Ruangannya gelap banget,, cahaya yang ada hanya berasal dari spotlight yang menyinari para pemain kabaret di panggung... dan juga dari lampu meja tiga orang juri yang sibuk ngasih nilai. (mata kami harus beradaptasi dulu nih!) Tapi di dalam masih sepi pengunjung nih,,, kenapa ya?? Padahal tempatnya luas gini,,, Jangan2 tiketnya gak laku?? (masak sih?? Aku dan Phi jadi kepikiran sang manajer Trilogi, K'Deni, yang curhat terus mengenai pendanaan acara ini waktu kami beli tiket,,,) Mungkin pada belum dateng aja kali ya?? Kami bertiga mengambil tempat duduk di belakang para juri kabaret di tengah-tengah jadi pas banget menghadap panggung,,, tempat yang PW banget untuk nonton. Kami duduk di undakan yang waktu acara SUDONG dulu di situ berjejer kursi2 yang nyaman. Tapi kursi2nya sekarang gak ada, dan beberapa kursi hanya disediakan khusus untuk orang-orang yang berkepentingan saat itu alias Juri-Juri Kabaret itu sendiri. Licik ya? (batinku dalam hati) Kami memperhatikan dengan seksama kabaret itu, terutama Lexy yang dari tadi sibuk dengan Digicamnya, apalagi kalau bukan memotret dan mem-video kabaret itu...

Dasar aku,,, gak cuman cerita dan kostum pemain yang aku perhatiin,,, sampai spotlight-nya aku perhatiin juga... Eh,,, pas yang lain lagi asyik2nya ngeliatin lighting di panggungnya,, aku malah ngeliatin ke belakang,,, di mana sang pengatur cahaya sedang mengoperasikan lampu2 berwarna-warni itu... Pas udah diliatin balik ama operatornya, aku baru ngebalik lagi ke panggung... (heheh... kebiasaan...) Dari segi ceritanya,,, (ceritanya jadi juri ni,,,) udah pada bagus semua,,, cuman yang ngebedain adalah penghayatan para tokoh-tokohnya terhadap perannya masing-masing.. Terus pengaturan rekaman dan kesinambungan musiknya dengan cerita,,,

Kebiasaanku kambuh lagi,,, malah ngeliatin juri di depan kami satu2, juri paling pojok kiri kerjanya ngerokok terus,,, tapi tampangnya kayak seniman sejati (alah,,,) juri yang di tengah kostumnya lucu banget,,, pakaian kimono, pita, tas, de-el-el-nya seraba pink! Terus terakhir,,, juri yang duduknya tepat di depan aku banget,,, juri yang ini aneh nih,,, lampu mejanya paling redup, jadi keliatannya paling 'harieum',, kerjaannya cuman nulis2 dan baca2 kertas2 dalam map kuning di depannya,,, Saat juri lain tepuk tangan saat ada akting dan atraksi yang bagus, dia masih anteng ngebolak-balik kertas di hadapannya.. Karena saking tepatnya dia duduk di depanku, aku tak tahu bagaimana tampang 'Bapak Juri' ini. Aku ngeliatin terus alas kaki yang dia pakai,,, juri yang lain kan alas kakinya 'formal',,, dia malah pake sandal rumahan yang warnanya gak tanggung2,,, putih+jingga yang ngejreng... merk Kappa... Tapi punggungnya mirip banget dengan seseorang yang aku hapal banget gimana bentuk punggungnya karena aku gak pernah berani ngeliat wajah orang itu,,, (jadi inget kisah Bibi Mito dengan ayahnya Gon di Hunter X Hunter,,,) Yang bisa kuungkapkan,,, pasti kakak ini tinggi banget, kurus banget... Dinggg!!! Tinggi?! Kurus?! Jangan2,,, trus pas aku udah mulai curiga gitu,,, tiba2 pembawa acaranya ngenalin para juri dimulai dari juri di pojokan sana dulu,,, aku lupa namanya,, tapi dia utusan dari sebuah perguruan tinggi negeri, yang tengah itu Miss Pinky yang bikin ngiri dengan kostumnya yang lucu luar biasa,,, yang selanjutnya bikin deg-degan karena disebut paling terakhir,,, pas tiba giliran dikenalkannya juri di hadapanku ini,,, sang pembawa acara berkata, "Ada juga juri dari Trilogi-nya sendiri,,, yaitu,,, KANG DENI!!!" Kecurigaanku terbukti!!


GUBRAK!! Aku beneran jatuh ke bahunya Phi yang sama2 histeris!! Aku sempet megangin dadaku karena jantungku sakit banget saking kagetnya,,, juri yang dari tadi aku perhatiin ternyata 'Sang Manajer Trilogi' tea!! Lexy juga ikut tercengang pas tau ternyata juri itu adalah K'Deni yang waktu itu aku da Phi ceritakan,,, dia kan baru liat yang namanya K'Deni itu yang mana,,,

Aku jadi soak sendiri,,, berdoa dalam hati,,, moga2 K'Deni gak denger pas aku dan Phi teriak kaget,,, moga2 dia gak noleh ke belakang dan menemukanku,,, si 'makhluk cerewet' yang terus2an 'nembal' dan juga mematahkan kata2 dan 'bojeg'annya dia pas waktu beli tiket tea.. Taunya,,, dia nengok ke belakang pas namanya udah disebut,,, ya,,, itu emang K'Deni!!! Aku langsung yakin pas baru liat ujung kacamatanya,,, Tapi untungnya karena gelap, K'Deni gak terlalu memperhatikan penonton satu2 (termasuk kami), dia kayaknya merhatiin penonton keseluruhan yang jumlahnya emang masih sedikit banget...wajahnya meni tiis,,, kayak yang kecewa ngeliat jumlah penonton yang sedikit... Ih,,, ternyata K'Deni perokok juga,,, tapi aneh,, dia cuman ngisep rokoknya satu kali, terus rokoknya dia simpen di ujung meja dan dia liatin sampai rokoknya habis,,, padahal kan harusnya dia merhatiin yang lagi kabaret!! Hiii,,, ngapain juga aku perhatiin 'orang aneh' ini?! Salah sih,,, setelah tau itu orang yang kita kenal, biasanya kan kita malah jadi makin merhatiin,,, harusnya pembawa acara jangan nyebutin 'K'Deni'!! (halah,,, nyalahkeun batur!!)

Dasar Phi,, dia mulai iseng lagi sms K'Agan... dia nanyain, K'Agan lagi dimana dan lagi sibuk apa... trus dia bales, "Aa lagi di belakang panggung, kenapa emangnya, mau ketemu?"
Lalu Phi jawab lagi, "Ikh siapa lagi yang mau ketemu... ge-er oh ia Kak acaranya sampai jam berapa ya? Hehe... aku dkk lagi ada di dalam ruangan, kita duduk di belakangnya A'Deni, tapi dianya gak nyadar…"
"Jam 9 atau jam 10 an." balesnya lagi,,

Break ishoma (istirahat, sholat, makan) pun tiba,, kami bertiga menuju mushola yang letaknya di belakang,, Phi yang lagi 'halangan' malah asyik makan Taiyaki yang gak sempat kami makan di dalam tadi, sementara aku dan Lexy sedang sholat. Selesai sholat, sambil menyantap Taiyaki di teras mushola, kami baru 'ngeuh' kalau di area mushola dan toilet itu para peserta lagi siap2 pake cosplay masing2, ada juga yang udah tampil dan mau sholat, jadi dia dibantuin temen2nya buat ngebersihin dandanannya. Ternyata peserta cosplay tuh banyak banget!! Jadi bener2 serasa di 'dunia anime'!! (alah,, kata2nya diulang-ulang)

Pas kami balik ke ruangan yang sekarang lebih bercahaya karena ada selingan tari2an,, K'Deni nampak senyam-senyum ngeliat penonton yang mulai banyak,,, Dia ngeliat ke arah kami yang baru masuk,,, gak tahu kenapa ada perasaan gak enak,,, kayaknya dia mulai ingat pada aku dan Phi,,, tapi aku dan Phi pura2 gak kenal dia dan langsung melewatinya yang duduk di kursi juri,,, kami pindah tempat jadi duduk di tengah2 'juri pojok' dan Miss Pinky,,, K'Deni masih ngeliatin pas kami duduk. Tapi matanya tertuju pada panggung kembali karena acara sudah dimulai kembali. Ada door prize gitu deh,,, ada seseoramg yang pake 'cosplay' ditanya sama MC, "Kamu teh cewek apa cowok?!" Aku cengar-cengir soalnya tadi di belakang sempet ketemu dan ngedenger suara orang itu yang nge-bass,, dia cowok!! Ya jelas aja seluruh pengunjung yang dengar ketawa2, termasuk para juri selain K'Deni yang cuman senyum tiis... K'Deni jadi sering celingukan untuk ngeliat penonton yang mulai membanyak lho,,, dia tersenyum sumringah seperti memiliki kebanggaan tersendiri sebagai panitia acara,,, aku dan Phi jadi inget lagi pas K'Deni curhat waktu kami beli tiket,,, Terus gak tau kenapa, K'Deni juga jadi lebih sering ngeliat ke kita,, jangan2 ingatannya mulai kembali ni,,, aku dan Phi kompak memutuskan untuk tidak bertingkah 'aneh' dengan duduk manis dan pura2 gak liat dia. Lexy malah cekikikan ngeliat tingkah 'aneh' kami ini (aneh di kalimat ini maksudnya mendadak jadi diamnya kami, padahal dari tadi meni heboh).

Diam2 aku dan Phi merhatiin lagi K'Deni yang rambutnya basah habis wudlu,,, Eh, bajunya ganti tuh,,, tadi kan pake kaos warna magenta,,, sekarang dia pake kemeja warna ijo 'tai kuda' yang berkesan lebih formal,,, tapi sandalnya masih angger tuh!! Ckckck,,, Ni orang keliatan cuek dan serius amat ya!!

Akhirnya,,, lomba kabaret pun berakhir dan berlanjut ke acara lomba band... Awalnya kami menyangka band-nya bakalan kayak gimanaaa gituh,, soalnya yang kami bayangin mah kayak band-band OST Anime di Jepang sana... Eh taunya,,, J-Rock abis!!! (bukan band 'J-Rocks' lho,,, kalau itu mah aku lumayan suka) Malah lebih 'ancur' (kata kami bertiga yang gak begitu suka hard rock ala band2 underground), dan penampilannya yang gak lazim lah,, masa cowok pake baju sama rok cewek (kayak kostum Amane Misa yang di anime Death Note)?? Udah gitu lagu yang nyanyiinnya gak puguh, bahasa apa pula yang mereka ucapkan?! Kami bertiga masih aja nonton meskipun dengan kedua telinga tertutup telunjuk,,, kami masih berusaha merhatiin kostum2nya yang aneh tapi lucu gitu,,, saking gandengnya,,, jadinya kami ngobrol sampai teriak2 juga gak kedengeran!!! Juri2 kabaret udah pada menghilang meninggalkan meja2 yang berantakan oleh sisa konsumsi... Kecuali K'Deni yang masih beberes kertas2 dan konsumsinya yang belum dia sentuh sama sekali (pantes aja kurus,,, dikasih konsumsi gak dimakan gitu,,, atau jangan2 cuman 'jaim' aja ya??) Terus beliau pergi menuju ke pintu di samping yang menuju ke backstage sambil 'ngaringkid' barang2nya dan nampak kerepotan... Band yang tampil udah ganti, kali ini lebih tenang dari yang tadi,,, meskipun masih sama2 J-Rock... Kami pun melepaskan kedua telunjuk dari telinga dan tetap ngobrol dengan teriak2... Eh, K'Deni keluar dari pintu yang tadi dan menuju pintu keluar sambil menyandang backpack-nya,,, Mau pulang kali yah??? Tapi tak lama kemudian, beliau balik lagi dan menuju pintu ke backstage,,, aku sempet ngliatin backpack-nya,,, asa lucu,,, cocok untuk dipake bertualang,,, Tapi yang gak lucu itu, K'Deni bawa tasnya kayak anak kecil yang baru masuk TK,, tali ranselnya meni dipegang erat2,,,

Eh, gak lama setelah menghilang di balik pintu yang barusan,,, dia balik lagi mau keluar,,, Phi yang penasaran pas aku bilang kalau ranselnya K'Deni lucu langsung ngeliatin,,, Tapi tiba2,,, di ambang pintu keluar dia langsung ngebalik lagi (bolak-balik aja kayak setrikaan!!) Karena penonton udah rada penuh,,, dan berdesak-desakan jingkrak2an mengikuti musik,,, K'Deni jadinya harus ngelewatin jalan kosong satu2nya, yaitu di depan kami!! Aku udah pasang tampang pura2 gak liat,, tapi 'makhluk' di sampingku lagi gak 'beres'!!! Phi dari tadi masih ngeliatin K'Deni!!! Udah aku senggol2 pas K'Deni mulai mendekat,,, tapi pas dia di depan kami aku langsung diem dan ngeliatin adegan aneh,,, Phi yang setengah sadar ngeliatin K'Deni dengan mata melotot dan mulut ternganga kayak anak kecil baru liat badut, kepalanya tengadah banget karena kami sedang duduk dan K'Deni tinggi banget,,, sementara itu K'Deni nyadar diliatin dan ngebales ngeliatin Phi balik dengan tatapan heran dan aneh, kepalanya nunduk bangetkarena ketinggian,,, wajahnya bertatapan langsung dengan wajah Phi,, ni anak ngapain ngeliatin gue kayak yang aneh gitu?? Mungkin itu pikir K'Deni saat itu,,, Setelah K'Deni kembali menghilang di balik pintu, aku berulang-ulang ngegerakin tangan di depan Phi yang masih ngelamun,,, barulah Phi mengerjap!! "Ada apa??" katanya. Kontan aku dan Lexy langsung tertawa!! Masya Allah,,, jadi dari tadi dia beneran gak sadar!! Setelah aku ceritain bahwa tadi dia ngeliatin K'Deni dengan cara yang aneh,,, wajah Phi langsung merah!!! "Masa sih??" ujarnya tak percaya. Kami pun buru2 meninggalkan ruangan,,, selain menghindari musik yang memekakan telinga ini,,, juga bisi keburu K'Deni keluar lagi,,, malu dong!! Phi sih,,, aneh2 aja!! Kayaknya dia mulai 'kurang waras' gara2 musik keras di sini...

Waktu pun tak terasa sudah menunjukkan pukul setengah 4 sore... Akhirnya kami bertiga memutuskan untuk mengakhiri petualangan kami di dalam ruangan Taman Budaya ini... Sebelum itu, kami mau berpamitan dulu dengan K'Agan, Sang Ketua Panitia Pelaksana. Dan,, alangkah terkejutnya kami bertiga ketika keluar dari ruangan pertunjukan, ternyata suasana di halaman Taman Budaya menjadi lebih ramai dan ceria dari sebelumnya .Lumayan banyak orang-orang berseliweran memakai kostum anime atau lebih dikenal dengan sebutan "Cosplay",, Wah... jadi pengin foto-foto nih,, beruntung, Lexy membawa Digicam dan Phi bawa hape kamera (hehe,,, bisa numpang nih!) Acara bernarsis-narsis ria pun di mulai... Kami bertiga gak pengen ketinggalan difoto bareng sama Mbak-Mbak atau Mas-Mas yang Cosplaynya 'Wah!!',, Aku gantian ama Phi megang Digicamnya Lexy habisnya Lexy suka banget difoto sih... Hehe,, jadi kebanyakan fotonya, kalau nggak aku sama Lexy, ya.. Lexy sama Phi... hehe… Tapi gapapa kok, segini juga udah seneng banget!!!

Hampir saja Phi melupakan untuk meng-sms K'Agan bahwa kami udah mau pulang... Akhirnya aku pinjemin hapeku,, habis sesama Telkomsel mah murah,,, aku kan pake simPATI dan K'Agan pake KartuAs…(kayaknya dari sponsor juga nih?? Curiga.. curiga..) Dia angkat,, katanya, "Keluar aja,, Aa lagi ada di tempat tiket" Tak jauh dari pandangan kami, kami sudah melihat K'Agan melihat dan melambai ke arah kami,,, Tapi,,, surga anime tak bisa terelakkan dari mata kami bertiga,,, kami pun menghampiri stand yang isinya berbau anime. Dengan perasaan yang bahagia kami cuci mata ngeliatin bentuk-bentuk merchandise yang dipampang dan disusun dengan rapi sesuai dengan tempatnya. Ada jam tangan, gantungan hape, pin, kaos, manekin2 anime terkenal kayak Naruto, Bleach, dll. Wah,,, kalau aku boleh dan punya duit,,, aku pengin ngeborong semua yang ada di sini!!! Hehe,,,

Tapi ujung-ujungnya, Phi cuman beli gantungan hape Death Note yang keren,, warnanya hitam. Aku juga pengen, tapi cuman ada satu model,,, masak sama sih dengan Phi?! Mana di sekolah suka dibilang 'kembar',,, Gak deh,,, jangan samakan aku dengannya!! Akhirnya aku beli gantungan hape "L" yang ditemuin Phi di antara barang2 lainnya,,, Phi keliatannya masih kabita sama gantungan itu,,, tapi da.. dia dah terlanjur beli yang Death Note,,, sedangkan Lexy beli pin yang bergambar Naruto lagi pakai baju tidur... Setelah kami semua puas berbelanja,, setelah setengah jam berlalu,,, aku baru nyadar, "Phi, kasian K'Agan kita telantarin!! Padahal tadi dia udah melambai-lambai ke kita!!"
"Oh iya ya,,," ujar Phi. Kami pun buru2 ke tempat tiket,,, sementara Lexy masih foto2 di stand kimono dan yukata,,,

Ternyata K'Agan masih setia menunggu di tempat tiket itu,, (alah,,) Gak deng,, kayaknya mah beliau lagi ngobrol sama temen-temennya, termasuk sama mbak yang tadi udah kita 'repotin' pas acara belum dimulai. Lalu, K'Agan pun menghampiri Phi dengan 'senyum tupai' andalannya. Dan sesuai dugaan Phi sebelumnya, ia lagi-lagi memakai jeans cutbray biru dongker!! Plus dia pake juga kemeja pendek hitam serta sepatu pantofel hitam mencolok seperti baru disemir... Kayak yang malu-malu, Phi dan K'Agan ngobrol2 yang sebenarnya kurang penting, dan lagi-lagi Phi menyinggung soal yang latihan kabaret itu,,, jawabannya masih sama kayak waktu itu,,, tiba-tiba ketika kami tengah mengobrol (aku yang tidak terlibat percakapan lagi ngeliatin jeans cutbray-nya K'Agan,,,),,, datanglah 'sang Manager' yang berjalan di belakang Lexy yang baru menghampiri kami,,, siapa lagi kalau bukan K'Deni!! Dia ngasih tau K'Agan untuk menjaga gerbang masuk,, soalnya gerbangnya gak ada selot/kunci-nya (ari kunci yang tadi di kemanain ya??),,, sementara karena jalannya mudun,,, gerbangnya ngebuka wae!! Aku yang masih tidak terlibat dalam pembicaraan ini, mengalihkan kesibukan,,, memandangi sandal 'aneh' yang dipakai oleh K'Deni,,, Eh, di belakangnya ada Gungun!! Ya udah aku dan Lexy mengalihkan perhatian dengan ngobrol bareng Gungun, teman dari SMAN 8 juga,,, Mana aku curiga,,, K'Deni kayak yang lagi nginget2 kami tuh,,, tapi kayaknya masih banyak kerjaan,,, setelah itu dia tiba-tiba menghilang entah ke mana meninggalkan K'Agan yang megangin gerbang yang ngebuka wae sambil ngusir pengunjung2 tanpa tiket.

Tiba2 Phi iseng nawarin foto bareng ke K'Agan,,, dan K'Agan sambil senyum2 menanggapinya dengan aneh juga, "Foto?! Sama siapa?!" Wajah K'Agan nampak malu-malu,, sambil berusaha memegangi gerbang masuk, sebelah tangannya megangin gulungan kertas.
Malu2 pula Phi menjawab, "Ya sama Kakak lah..." ujarnya,, Lexy dengan Digicam-nya dan aku dengan hape Phi berancang-ancang (alah...) untuk mengambil foto mereka berdua... Asa lucu,,, pas Phi lagi ngeliat ke K'Agan, K'Agannya noleh ke samping, tetapi pada saat Phi sedang menoleh ke samping, K'Agan yang melihat ke arah Phi.. Wah.. wah.. ada apa nih?? Sebelum difoto, K'Agan sempet2nya memukul lembut Phi dengan gulungan kertas pink yang lagi dia pegangin dari tadi... Dasar pasangan aneh,,, hehe... Akhirnya aku dan Lexy berhasil memfoto Phi dan 'Tupai Lebai'nya... Orang-orang di sekeliling pada ngeliatin mereka berdua seolah-olah mereka tuh pasangan selebriti. (alah...)

Setelah itu, kami bertiga pun pamitan untuk pulang.K'Agan sempet mencegat Phi sambil berkata, "Kok udah mau pulang,, kan acaranya sampai malem??"
Lalu Phi menjawab, "Ah ngga ah,,, gak diizinin sama orang tua... Lagian gak da yang nganter..."
"Ya udah atuh dianterin sama Aa ajah ya pulangnya?? Mau??" tawarnya kepada Phi. (hii,,, asa 'getek' ngedengernya,,, 'So sweet' gitu deh,,, hi,,,,)
"Ga usah deh Kak, makasih, ntar ngerepotin," ujar Phi malu-malu..
"Yakin nih gak mau dianterin sama Aa?" tawarnya lagi..
"Ga dech Ka…"
"Ya udah... hati-hati aja ya di jalan sama temen-temennya," pesannya..
"Sip!" Phi meyakinkan. Kami pun meninggalkan K'Agan yang masih pasang 'senyum tupai'...

Eh, baru inget kalau kami bertiga (aku, Phi, Lexy) belum sempet foto bareng,, Akhirnya kami bertiga meminta tolong bapak-bapak yang kebetulan ketemu kami.. Kayaknya bapak itu lagi ngeliatin JFR dari kejauhan,,, Bapak itu kelihatan belum terbiasa memakai Digicam, makanya nanya-nanya terus ke Lexy, sang pemilik. Setelah itu, Bapak itu memenuhi permintaan kami, beliau mengambil foto kami bertiga... Oh ya,,, pas bapak itu masih ngulik Digicam-nya Lexy, aku dan Phi sempet2nya ngeliat ke belakang,, ke arah gerbang Taman Budaya,,, Dan ternyata,,, kami bertiga tengah diperhatikan oleh K'Agan dan K'Deni (yang sepertinya masih mengingat-ngingat siapa aku dan Phi dengan wajah yang penasaran,, hihi... Kayaknya K'Deni lagi nanyain ke K'Agan tentang siapa kami ini,,, soalnya dia nunjuk kami terang2an!!) Akhirnya, setelah selesai berfoto, aku dan Phi yang nyadar kalau emang beneran kami berdua lagi diliatin oleh 2 kakak itu, kami berdua pun cepat-cepat 'menghilangkan diri' dari pandangan mereka berdua,,, Lexy juga jadi kebawa lari2 bareng kami... Setelah kami agak jauh dari Taman Budaya,,, kami tertawa mengenang cara K'Deni menunjuk kami tadi... Hi,,, untung kami cepat2 kabur!!

BENAR-BENAR PETUALANGAN YANG ANEH!!!

Tapi secara gak langsung,,, dari JFR ini aku banyak belajar tentang kehidupan,,,
1. Perjuangan itu butuh pengorbanan,,,
2. Segala hal tidak ada yang bersifat kebetulan, melainkan telah ditentukan oleh Allah dengan sedemikian rupa,,,
3. Hidup itu ada kalanya penuh dengan tawa, dan ada kalanya penuh dengan kesedihan,,,
4. Cara setiap orang menilai sesuatu itu berbeda-beda,,,
5. Semua orang itu gak sama, semua punya kelebihan dan kekurangannya masing2,,,
6. Sifat 'aneh' dari setiap orang merupakan potensi dasarnya yang seharusnya dikembangkan dengan maksimal sehingga bisa menjadi potensi yang luar biasa kekuatannya,,,
7. Terakhir,,, musik keras ternyata bisa merusak gendang telinga dan perilaku para pendengarnya menjadi 'kurang waras',,, seperti yang dialami oleh Phi dan orang2 yang jejingkrakan itu,,, hehe...

Yah,,, segitu aja dulu tentang petualanganku di JFR bersama teman2ku,,, Lain kali akan kulanjutkan dengan petualang2ku berikutnya,,,

Posted by Ra_Bgtz @ Kamis, 28 Agustus 2008 0 comments

Share This Post

RSS Digg Twitter StumbleUpon Delicious Technorati

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Next Post Previous Post
Stroom designed by ZENVERSE Converted to Blogger Templates and Blogger Themes for Cinta | Discount Watch